BERIMAN DAN BERILMU DALAM BERAMAL

Halal Bil Halal

Hari ini sang mentari pagi begitu indah memancarkan sinarnya. Seindah suasana hati kami yang saling maaf memaafkan di hari pertama masuk sekolah kembali. Rasanya liburan lebaran Idul itri begitu cepat berlalu, dan hari ini kami masuk kembali ke sekolah sebagai rumah kedua kami. Ada rasa bahagia karena bertemu kembali dengan civitas akademika sekolah (guru, siswa, dan karyawan sekolah). Berhalal bihalal saling memaafkan atas segala kekhilafan yang telah terjadi. Kembali ke sekolah dengan tenaga dan semangat baru. Semangat yang menggebu-gebu untuk kembali belajar dan mengukir prestasi.

Halal bi halal memang telah menjadi tradisi atau budaya di sekolah kami. Para peserta didik berkumpul dan berbaris di lapangan upacara untuk mengikuti Upacara Bendera yang rutin setiap hari Senin dilaksanakan. Dengan penuh kesadaran tinggi mereka berbaris rapih sesuai dengan kelasnya masing-masing. Tak ada paksaan sebab mereka melakukannya dengan penuh keikhlasan yang disertai dengan senyuman. Senyuman termanis dari para peserta didik dan pendidik yang kami lihat di hari pertama masuk sekolah. Hari pertama yang membersihkan jiwa.

Upacara Bendera pun dilaksanakan  Bapak Drs. Suroso,M.Si selaku pembina upacara menegaskan bahwa setelah hari raya Idul Fitri mulai saat ini kita harus ada peningkatan dari hari-hari kemarin,terutama evaluasi pelaksanaan sholat taraweh, selain itu kita juga harus memahami dan melaksanakan visi dan misi sekolah.

Setelah Upacara Bendera selesai, acara dilanjutkan dengan halal bihalal, pembawa acara menyilahkan para guru untuk berbaris rapih untuk menerima ucapan maaf dari para siswa. Mereka pun saling bersalaman mesra dan melupakan kekhilafan-kekhilafan yang mungkin telah terjadi. Di lapangan upacara itu, kami semua saling melepas rindu karena baru bersua kembali dan saling bermaaf-maafan.

Halal bi halal dan kembali ke sekolah membuat saya merasakan betapa indahnya bila kita saling maaf memaafkan. Saling berkasih sayang kepada sesama.  Tak ada benci dan dengki di hati. Kita pun kembali fitri di suasana pasca lebaran Idul Fitri. Semoga kita semua menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepadaNya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s